logo blog

Ustadz Arifin Ilham: 2 Golongan Bila Keduanya Baik, Maka Baiklah Umat Manusia, "Ulama dan Umara"

Ustadz Arifin Ilham: 2 Golongan Bila Keduanya Baik, Maka Baiklah Umat Manusia, "Ulama dan Umara"


Assalaamu alaikum wa rahmatullahi wa barkaatuhu.

SUBHANALLAH Rasulullullah bersabda, "Shinfaani, dua golongan besar bila keduanya baik, maka baiklah umat manusia. Dan bila mereka buruk, maka hancurlah umat manusia, yaitu ulama dan umara" (HR Ibnu Majah).

Sungguh shilaturram yg terjaga antara ulama dan umara membawa keberkahan umat dan negara. Ulama yg istiqomah dan umara yg amanah, bekerja sama dalam fungsi masing masing. Fatwa dan nasehat ulama didengar dan dilaksanakan umara dg baik, umara pun membuka jalan da'wah ulama. Inilah hubungan yg penuh keberkahan.

Sungguh akan rusaklah bila tidaak terjalin shilaturrahm dan kerjasama yg baik, apalagi bila ulamanya berakhlak buruk, sementara umaranya zholim, umat dan negeri pun jadi lemah tergadai, naudzubillahi min dzaalika.

Rasulullah bersabda, “Sesungguhnya penguasa (yg adil) itu adalah bayangan Allah di bumi yg menjadi tempat berlindungnya setiap orang yg terzalimi” (HR Baihaqi).

Rasulullah bersabda, “Hendaklah kalian berkumpul dg para ulama’ dan mendengarkan perkataan hukama’, karena sesungguhnya Allah menghidupkan hati yg mati dg cahaya hikmah sebagaimana Dia menghidupkan bumi yg tandus dg air hujan” (HR At Thobarani).

Orang bijak berkata, "Agama adalah pondasi dan kekuasaan adalah penjaga. Segala yg tidak berpondasi, niscaya akan hancur. Dan segala yg tidak mempunyai penjaga, pasti akan mudah hilang".

Allhumma ya Allah berkahi negeri kami Indonesia dg ulama yg istiqomah, umara yg amanah dan rakyat yg taat...aamiin.

(Foto bersama selesai Zikir dan Doa di Monas bersama keluarga besar TNI POLRI, Jumat, 18 November 2016. Ayahanda jendral TNI Gatot Nurmantyo dan ayahanda jendral Polisi Tito Karnavian)

KH Muhammad Arifin Ilham

__
dari fb KH Muhammad Arifin Ilham

**| republished by Lentera Kabah
Lentera Kabah

Share this:

Enter your email address to get update from ISLAM TERKINI.

No comments

About / Contact / Privacy Policy / Disclaimer
Copyright © 2015. Berita Lintas Muslim 24 Jam - All Rights Reserved
Template Proudly Blogger