logo blog

Hewan seperti Apakah yang Layak Untuk Diqurbankan?

Hewan seperti Apakah yang Layak Untuk Diqurbankan?


https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjM8piD0g_h9ttR65pxhxUtACzYvIDWVxzb6e6Pem_Ak8SZeqJhCEBPEdsyiNVvGFxX5cQb5WNjQ87meqQA1_A4Pr9g6fdkVep-__g2enRW6gAO1-Ivjfk85cTNqKwmovWdCVHrgYqD-_qH/s1600/hewan-kurban-sapi-ongole-350-0.jpg


Menjelang bulan Dzulhijjah banyak di antara kita yang mencari hewan Qurban. Ternyata ada beberapa syarat seekor hewan layak atau tidak untuk diqurbankan.

Diantara syarat-syarat untuk menyembelih hewan qurban, hewan itu perlu memenuhi kriteria berikut ini :

1. Termasuk Al-An’am

Yang dimaksud dengan al-an’am adalah hewan ternak seperti unta, sapi dan kambing. Sedangkan unggas seperti ayam, itik, bebek, angsa, kelinci dan sejenisnya, tidak termasuk al-an’am.

Dalilnya adalah firman Allah SWT :

وَلِكُل أُمَّةٍ جَعَلْنَا مَنْسَكًا لِيَذْكُرُوا اسْمَ اللَّهِ عَلَى مَا رَزَقَهُمْ مِنْ بَهِيمَةِ الأْنْعَامِ

Dan bagi tiap-tiap umat telah Kami syariatkan penyembelihan (kurban), supaya mereka menyebut nama Allah terhadap binatang ternak yang telah direzekikan Allah kepada mereka. (QS. Al-Hajj : 34)

2. Tsaniyah

Hewan yang sudah mengalami copot salah satu giginya (tsaniyyah). Yang dimaksud dengan gigi adalah salah satu gigi dari keempat gigi depannya, yaitu dua di bawah dan dua di atas. Boleh jantan atau betina meski diutamakan yang jantan karena bisa menjaga populasi.


https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEifUEL8AQqZ6jKSAl9XJj0qWO5EyhL6IWrqlP8zdE2RIMq_WnEFOgTn_GWaNz6yWtzh0_jEQGm7thKO0iEJ2LBNjJSt0QBjG1MWbrW_3kXc_G6GLOQaPa8jGx4HRiPYcf3F-XyztNSNX8wP/s1600/kambing+boer.jpg

3. Tidak Ada Cacat

a. Tidak Buta

Hewan itu tidak boleh yang buta tidak melihat, atau ada cacat parah di matanya, atau picak (aura’).

b. Tidak Sakit

Hewan yang dalam keadaan sakit parah tidak boleh dijadikan hewan sembelihan udhiyah.

c. Tidak Terpotong

Baik yang terpotong itu salah satu kakinya atau lebih dari satu kaki. Demikian juga hewan itu bukan hewan yang terpotong putting susunya atau sudah kering. Juga tidak boleh hewan yang terpotong pantat, ekor, telinga, hidung dan lainnya.

d. Tidak Pincang

Hewan yang dalam keadaan patah kaki hingga pincang dan tidak mampu berjalan ke tempat penyembelihannya, termasuk hewan yang tidak boleh dijadikan hewan persembahan.

e. Tidak Kurus Kering

Hewan yang kurus kering tinggal tulang belulang saja, tentu sangat tidak layak untuk dijadikan persembahan kepada Allah SWT.

Selain itu bila hewan itu kurus kering, dagingnya tentu menjadi sedikit sehingga kurang bisa dijadikan salah satu sumber makanan.

f. Tidak Makan kotoran

Hewan yang memakan kotoran dan benda-benda yang najis tentu tidak boleh dimakan dagingnya, kecuali setelah mengalami karantina.

Dan kurang layak untuk dijadikan persembahan kepada Allah SWT. 

**| republished by Lentera Kabah
Lentera Kabah

Share this:

Enter your email address to get update from ISLAM TERKINI.

No comments

About / Contact / Privacy Policy / Disclaimer
Copyright © 2015. Berita Lintas Muslim 24 Jam - All Rights Reserved
Template Proudly Blogger