logo blog

Irak rebut pulau Khalidiya dari tangan ISIS

Irak rebut pulau Khalidiya dari tangan ISIS

Irak rebut pulau Khalidiya dari tangan ISIS
Pasukan tentara Irak beroperasi membebaskan Ramadi dari ISIS, Desember 2015. (Foto: MEMO)

KHALIDIYA (Lenterakabah) – Perdana Menteri Irak, Haidar al-Abadi, telah mengumumkan pembebasan sepenuhnya pulau al-Khalidiya di Irak Barat dari tangan ISIS, lansir MEMO (28/8/2016).

Dalam pernyataannya yang disiarkan televisi pada Sabtu (27/8/2016), al-Abadi mengatakan pasukan Irak telah membunuh sejumlah besar militan ISIS di pulau tersebut.

“Kami mengucapkan selamat kepada rakyat Irak atas kemenangan yang telah diraih, terima kasih atas upaya yang telah dilakukan pahlawan-pahlawan kita,” ujar al-Abadi.

Didukung oleh serangan udara pimpinan AS, pasukan Irak telah bertempur melawan militan ISIS dalam upaya merebut kembali wilayah yang dikuasai ISIS di utara dan barat Irak pada 2014.

Pasukan Irak saat ini berencana untuk meluncurkan serangan untuk merebut kembali Mosul, kota terbesar kedua di Irak, dari tangan ISIS yang telah menguasai kota itu pada dua tahun yang lalu.

Pada Kamis (25/8), pasukan Irak yang didukung oleh serangan udara pimpinan AS, telah menguasai Qayyara, daerah strategis dekat Mosul.

Sementara itu, sedikitnya lima tentara dan sembilan gerilyawan tewas dalam bentrokan yang terjadi pada Minggu (28/8) antara ISIS dan tentara Irak di Anbar dan provinsi Saladin, Kolonel Walid al-Dulaimi dari komandan militer Anbar mengatakan. (fath/*)

Topik: headline, irak, isis


Lentera Kabah

Share this:

Enter your email address to get update from ISLAM TERKINI.

No comments

About / Contact / Privacy Policy / Disclaimer
Copyright © 2015. Berita Lintas Muslim 24 Jam - All Rights Reserved
Template Proudly Blogger