logo blog

Habibie: Masjid Harus Jadi Garda Terdepan Dalam Meningkatkan Kualitas SDM

Habibie: Masjid Harus Jadi Garda Terdepan Dalam Meningkatkan Kualitas SDM



http://www.lenterakabah.com/wp-content/uploads/2016/08/Habibie-Masjid-Harus-Jadi-Garda-Terdepan-Dalam-Meningkatkan-Kualitas-SDM.blo

JAKARTA—Presiden RI ke-3 BJ Habibie meminta masjid menjadi garda terdepan dalam meningkatkan kualitas **Daya Manusia, Jum’at (5/8/2016).

Habibie menilai, tidak ada masyarakat di dunia yang bisa mengandalkan pada **Daya Alam (SDA) terbarukan maupun tidak terbarukan secara terus menerus.

“Yang bisa diandalkan terus-menerus adalah SDM terbarukan,” tegas Habibie dalam seminar ‘Peran Masjid dalam Membentengi Umat dari Pemikiran Menyimpang’, di Universitas Al-Azhar, Jakarta, Kamis kemarin.

Habibie mencontohkan, tahun lalu di Timur Tengah, ada 1,2 juta anak muda berpendidikan pergi ke Eropa. Dari 1,2 juta anak muda itu, 900 ribu pergi ke Jerman. Menurutnya, dengan hal tersebut Timur Tengah tidak semata-mata mengandalkan SDA, tapi juga mempersiapkan SDM nya agar produktif dan mengembangkan ilmu pengetahuan, berbudaya, dan beragama.

“Masjid, harus dimanfaatkan untuk mengembangkan SDM. Masjid harus berada di garis terdepan,” ujar Habibie.



https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhxvo-UW_TcmVHeizemQ_q7v7IVkfUvowkTT8G2wMVo_wxAKRboQ1AvheMM0WG6vozqFDMnQ_mKQyWUzrUQf73N086VuMcVNJ8t02Yc9-wnY-p5V11GQG9H_JljDMxkNDLJYX5iOrFQjs-E/s1600/masjid-dian-al-mahri-depok-indonesia+%25281%2529.jpg

Habibie menjelaskan, produktifitas ditentukan oleh tiga elemen, yakni sinergi positif, elemen budaya dan elemen agama serta ilmu pengetahuan. Elemen budaya, merupakan elemen yang lebih tua dari agama. Menurut Habibie ini mesti disinergikan dengan elemen agama yang berpegang kepada Al-quran dan Sunnah.

Habibie mengatakan masjid harus bisa mendapatkan informasi budaya, agama dan ilmu pengetahuan. Tidak cukup hanya setiap Jumat mendengarkan khutbah, tapi perlu diiringi dengan diskusi-diskusi dan kajian.

“Saya minta kepada khatib, harus yang benar-benar profesional. Memikirkan bagaimana memberikan nilai-nilai Al-qur’an dan Sunnah dari garis persamaan antara ilmu pengetahuan dan agama,” demikian Habibie dilansir Antaranews.

**| republished by Lentera Kabah
Lentera Kabah

Share this:

Enter your email address to get update from ISLAM TERKINI.

No comments

About / Contact / Privacy Policy / Disclaimer
Copyright © 2015. Berita Lintas Muslim 24 Jam - All Rights Reserved
Template Proudly Blogger