logo blog

Bukan di Arab Saudi, Ini Makkah Masjid di India

Bukan di Arab Saudi, Ini Makkah Masjid di India




Hyderabad - Kalau menyebut kata Makkah, yang teringat adalah Masjidil Haram di Arab Saudi. Tapi India punya Makkah Masjid di Hyederabad. Seperti apa rupanya?

Kota Mekkah di Arab Saudi adalah destinasi haji dan umroh. Tapi Makkah di Hyderabad, India adalah nama sebuah masjid bersejarah dan destinasi wisata religi.

Nama lengkapnya adalah Makkah Masjid, bukan Masjid Makkah lho. Nama dalam bahasa Inggrisnya lebih membingungkan lagi bagi orang Indonesia: Makkah Masjid Mosque. Kata yang berarti masjid disebut sampai dua kali.

Di balik penamaan ini ada sejarah penting. Dilansir detikTravel dari berbagai sumber, Kamis (9/6/2016) asal-usul penamaan Masjid Makkah adalah batu bata yang digunakan untuk pembangunannya dibawa dari Tanah Suci Mekkah, Arab Saudi.

Temboknya dari batu bata yang dibawa dari Makkah (Thinkstock)

Pembagunan Masjid Makkah dimulai pada saat pemerintahan Muhammad Quli Qutb Shah. Namun, masjid ini baru selesai dibangun setelah 77 tahun pada masa Kaisar Mughal Aurangzeb pada tahun 1694 dan butuh hampir 8.000 orang untuk mengerjakannya. Wow!

Masjid Makkah akhirnya menjadi salah satu masjid terluas di India dan dianggap sebagai warisan budaya. Masjid ini pun didatangi traveler yang ingin mengagumi bangunannya dan beribadah di dalamnya.

Atap utama masjid memiliki benteng yang terbuat dari granit di empat sisinya, Arsitektur yang elegan nan mewah ini juga memiliki tempat beribadah dengan tinggi panjang 55 meter serta lebar 67 meter dan tinggi 23 meter.

Arsitektur nan menawan (Thinkstock)

Masjid ini bisa menampung 10.000 jamaah. Dinding-dindingnya juga memiliki hiasan indah yang juga terbuat dari granit dengan motif ayat-ayat Al Quran yang cantik. Di halaman Makkah Masjid juga memiliki ruangan beberapa benda peninggalan dan artefak kuno, salah satunya diyakini terdapat sehelai rambut Nabi Muhammad SAW.

Kejadian yang cukup menggemparkan juga pernah terjadi di Masjid Makkah. Pada tahun 2007, sebuah bom meledak saat pelaksanaan shalat Jumat yang menewaskan 13 orang dan beberapa diantaranya luka-luka.

Jika ingin berkunjung, travelers dapat menaiki kereta api ataupun bus di kota Hyderabad. Masjid Makkah buka setiap hari mulai pukul 8.00 pagi hingga 12.00 siang dan 15.00 sore hingga pukul 20.00 malam.(wsw/fay)

**| republished by Lentera Kabah
Lentera Kabah

Share this:

Enter your email address to get update from ISLAM TERKINI.

No comments

About / Contact / Privacy Policy / Disclaimer
Copyright © 2015. Berita Lintas Muslim 24 Jam - All Rights Reserved
Template Proudly Blogger