logo blog

5 Manfaat Minyak Kemiri Untuk Kesehatan Rambut

5 Manfaat Minyak Kemiri Untuk Kesehatan Rambut

Aleurites Moluccana atau yang lebih dikenal dengan nama kemiri merupakan jenis tanaman yang dapat digolongkan sebagai rempah-rempah dan sering dijadikan sebagai salah satu bumbu masakan khususnya untuk masakan Indonesia. Bagian dari tanaman kemiri yang dapat dimanfaatkan oleh manusia sebagai bumbu dapur adalah biji buahnya yang memang kaya akan minyak essential. Selain dikenal dengan nama Kemiri, rempah-rempah ini juga memiliki beragam julukan lainnya, seperti gambiri, kembiri, hambiri, kemintang, buah kaleng dan lain sebagainya.


Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, kemiri mengandung cukup banyak minyak essential, namun selain itu, kemiri juga mengandung beragam zat penting lainnya yang bermanfaat untuk kesehatan manusia, khususnya kesehatan rambut. Beragam kandungan kemiri tersebut diantaranya seperti protein yang terdiri dari asam amino essential dan asam amino non essential (asam glutamat dan asam aspartat), lemak, karbohidrat, saponin, falvonoida, polifenol, vitamin, folat, fitosterol dan juga mineral seperti kalium, fosfor, magnesium, kalsium serta zat besi, seng, tembaga, dan selenium.


Oleh karena beragam zat penting tersebut, maka tak mengherankan bila kemiri tidak hanya dapat digunakan sebagai bumbu masakan saja namun juga dimanfaatkan sebagai obat untuk beragam penyakit, contohnya seperti diare, sariawan, sakit perut, disentri, demam, sakit gigi serta dapat pula digunakan untuk menjaga kesehatan jantung. Namun, diantara segala manfaat untuk kesehatan karena dapat mengobati beberapa penyakit tersebut, kemiri lebih dikenal sebagai salah satu bahan alami yang dapat menjaga kesehatan rambut. Biasanya yang digunakan untuk perawatan rambut adalah kemiri yang sudah diolah sedemikian rupa menjadi minyak kemiri.


Berikut ini beberapa manfaat minyak kemiri untuk kesehatan rambut yang perlu Anda ketahui :


1. Mengatasi rambut beruban


Bila Anda sudah mulai beruban ketika usia Anda masih tergolong cukup muda (dibawah 50 tahun) maka tampaknya Anda perlu menangani permasalahan tersebut. Untuk mengatasi rambut beruban di usia muda, maka Anda perlu mengoleskan minyak kemiri setidaknya 2 kali dalam sehari (pagi setelah bangun tidur dan malam menjelang tidur). Saat ini sudah cukup banyak produk minyak kemiri yang dijual di pasaran, namun bila Anda tidak menemukan produk kemiri di lingkungan tempat Anda tinggal, maka Anda dapat membuatnya sendiri dengan cara panggang kemiri hingga gosong dan kemudian ambil minyaknya.


2. Menghitamkan rambut secara alami


Selain uban, rambut yang terlihat kusam juga dapat mengganggu penampilan oleh sebab itu bila Anda ingin memiliki rambut yang terlihat lebih hitam berkilau maka cukup oleskan minyak kemiri secara merata pada rambut, lakukan cara tersebut secara rutin hingga hasil yang Anda inginkan terlihat.


3. Membuat rambut semakin tebal


Agar rambut terlihat lebih tebal, kebanyakan orang akan mengoleskan vitamin rambut, namun selain vitamin, minyak kemiri juga dapat membuat rambut terlihat lebih tebal.


4. Mengatasi kerontokan rambut


Dengan mengoleskan minyak kemiri secara menyeluruh hingga ke akar rambut dapat membantu untuk menguatkan rambut sehingga rambut yang sering rontok pun dapat teratasi.


5. Membantu menyuburkan rambut


Selain dapat menguatkan rambut, minyak kemiri juga dapat membantu menyuburkan rambut, sehingga rambut akan lebih cepat tumbuh dan cepat panjang.


Itulah beberapa manfaat minyak kemiri yang dapat Anda peroleh khususnya untuk kesehatan rambut. Daripada Anda mengeluarkan terlalu banyak budget untuk perawatan rambut di salon, alangkah lebih baik bila Anda memanfaatkan bahan-bahan alami seperti kemiri yang harganya tidak hanya lebih ringan di kantong namun juga tidak menimbulkan efek samping sebab sama sekali tidak mengandung bahan kimia.


* 5 Manfaat Minyak Kemiri Untuk Kesehatan Rambut *


Lentera Kabah

Share this:

Enter your email address to get update from ISLAM TERKINI.

No comments

About / Contact / Privacy Policy / Disclaimer
Copyright © 2015. Berita Lintas Muslim 24 Jam - All Rights Reserved
Template Proudly Blogger