logo blog

Usai Adzan Berkumandang, Inilah Salah Satu Waktu Mustajab Untuk Berdoa

Usai Adzan Berkumandang, Inilah Salah Satu Waktu Mustajab Untuk Berdoa



https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiIQV56GQkqkHf2rsBgvsJIq7hFTXZScvIYEeX16-7se0Qb0-jq_ozCStrYroPy6lPK0zlTh8jg2wRE7UmvdW61m5a2A_bAxl4JwY7weqvsD2w5XQtOeLTyWmlW6w0RLbdqe-7TSmLIWPp4/s1600/adzan+nabawi.jpg

KUMANDANG adzan merupakan pertanda tibanya waktu shalat. Dan sudah menjadi keharusan bagi kita untuk segera bergegas mempersiapkan diri untuk melaksanakan kewajiban ini. Sebab, kita tahu bahwa shalat merupakan amalan yang akan menjadi pertanyaan pertama di yaumil akhir nanti.

Jika kita sudah bersiap sebelum adzan berkumandang itu akan jauh lebih baik. Dengan begitu, kita bisa mendengarkan dan meresapi setiap untaian kalimat dalam adzan. Dan sudah menjadi keharusan pula bagi kita untuk menjawab setiap untaian kalimat tersebut.

Nah, ketika kumandang adzan telah selesai, maka ini adalah waktu yang paling tepat bagi kita untuk memohon dengan berdoa kepada Allah SWT. Mengapa dikatakan waktu yang tepat? Sebab, pada saat itulah doa yang dipanjatkan kemungkinan besar tidak akan ditolak oleh Allah.



https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhwqAMvEArLazHHsShUpltG_mvlM0VluYHt8V3dbTE1kdzxQQO7-Jl4gMlc48hFDhnSFG3-7XAGMvMxPc9xRjN9MdFkatL0gykFKDKNZP-L4zHwdRC57ylAUyZWjSb_FNSns-7ceJLWt6w/s1600/azan1.jpg

Dari Anas bin Malik RA, Rasulullah ﷺ bersabda, “Doa yang dipanjatkan antara adzan dan iqamah tidak akan ditolak, maka berdoalah kalian,” (HR. Tirmidzi, Abu Dawud dan Ahmad).

Dari Sahl bin Sa’ad, Rasulullah ﷺ bersabda, “Dua waktu yang tidak akan ditolak (permohonan yang dipanjatkan di dalamnya) atau sedikit kemungkinan untuk ditolak, yaitu doa setelah (dikumandangkan) adzan dan doa ketika berkecamuk peperangan, tatkala satu dan lainnya saling menyerang,” (HR. Abu Dawud).

Maka, pada saat itu, pintalah kebaikan. Berdoalah pada Allah SWT. Pintalah pada-Nya untuk memberikan kebaikan bagi diri kita, keluarga kita, maupun seluruh umat muslim di dunia ini. Dan akan lebih baik lagi, jika kita memohon ampunan pada-Nya saat itu. Sebagaimana yang dilakukan oleh Rasulullah ﷺ.
Diriwayatkan bahwa Rasulullah ﷺ berdoa ketika adzan Maghrib, “Ya Allah, ini kedatangan malam-Mu, kepergian siang-Mu, dan suara-suara doa kepada-Mu, maka ampunilah aku,” (HR. Abu Dawud).
**| republished by Lentera Kabah
Lentera Kabah

Share this:

Enter your email address to get update from ISLAM TERKINI.

No comments

About / Contact / Privacy Policy / Disclaimer
Copyright © 2015. Berita Lintas Muslim 24 Jam - All Rights Reserved
Template Proudly Blogger