logo blog

Turki Berupaya Untuk Tawarkan Perdamaian Untuk Rezim Suriah

Turki Berupaya Untuk Tawarkan Perdamaian Untuk Rezim Suriah


http://www.lenterakabah.com/wp-content/uploads/2016/09/Turki-Berupaya-Untuk-Tawarkan-Perdamaian-Untuk-Rezim-Suriah.jpg

Negara Turki walauapun sedang dilanda konflik serius tetap berupaya memperbaiki hubungan dengan Rusia dan Israel, Turki kini tengah berupaya menormalkan hubungan dengan Suriah. Rencana yang diumumkan oleh Perdana Menteri Binali Yildirim ini seakan menegaskan adanya pergeseran politik di negara yang bertahun-tahun mendukung penggulingan Presiden Suriah Bashar al-Assad.

“Kami telah menormalisasi hubungan dengan Rusia dan Israel,” kata Yildirim dalam pidato yang disiarkan di televisi nasional, Jumat (2/9).

“Sekarang, Insya Allah, Turki telah mengambil sejumlah langkah serius untuk menormalkan hubungan dengan Mesir dan Suriah,” ujarnya, dikutip dari cnnindonesia (4/9/16).

Hubungan antara Turki dan Mesir memburuk setelah militer Mesir menggulingkan mantan presiden Mohamed Morsi pada 2013 lalu. Morsi merupakan sekutu dekat Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan.

Soal konflik di Suriah yang sudah berlangsung selama lima tahun, Turki kerap bersikeras bahwa konflik akan berakhir jika Assad lengser. Turki juga selalu mendukung kelompok pemberontak yang berupaya menggulingkan Assad.


https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhuDPqT8DZWFMV4H1mVccawqsLAkE2orUQ0D41YdG08lUGoBT31NvIOZmyIvKfTzYJhXgMQwBNJH20aAqiMrQiSfAqvwdC-75dYiva9stnioyv2FzcagdegHIPMHQELYzuB9roZJJIdP1YB/s1600/Erdogan-Syariah-Islam-Bertentangan-dengan-Prinsip-Turki-ABNS.jpg

Namun bulan lalu, Yildirim mengisyaratkan ada pergeseran dalam pandangan politik Turki terhadap konflik Suriah. Saat itu Yildirim menyatakan bahwa Assad adalah “salah satu aktor” di Suriah dan dapat memimpin sementara waktu selama masa transisi.

Pekan lalu, Turki melancarkan serangan besar-besaran di Suriah utara, wilayah perbatasan antara kedua negara. Operasi ini menargetkan kelompok militan ISIS dan milisi Kurdi. Ankara menyebut bahwa Moskow sudah menginformasikan soal serangan ini kepada Damaskus.

Sejak menjabat pada Mei lalu, Yildirim berupaya melanjutkan kebijakan lama Ankara, yakni sikap “tak ada masalah” dengan sejumlah negara tetangganya.

Turki memperbaiki hubungan dengan Rusia pada Juni lalu, berupaya memperbaiki hubungan yang merenggang akibat penembakan jet tempur Rusia yang tengah melintas di perbatasan Suriah oleh militer Turki.

Beberapa bulan sebelumnya, Turki juga memperbaiki hubungan dengan Israel yang retak selama enam tahun terakhir akibat serangan tentara Israel terhadap armada Turki yang berupaya memasuki Jalur Gaza.

**| republished by Lentera Kabah
Lentera Kabah

Share this:

Enter your email address to get update from ISLAM TERKINI.

No comments

About / Contact / Privacy Policy / Disclaimer
Copyright © 2015. Berita Lintas Muslim 24 Jam - All Rights Reserved
Template Proudly Blogger