logo blog

Hukum Daging Hewan yang Disembelih Oleh Wanita

Hukum Daging Hewan yang Disembelih Oleh Wanita




Pertanyaan:

Syaikh Abdul Aziz bin Baz ditanya:

Apakah boleh wanita menyembelih hewan dan apakah boleh kita memakan hasil sembelihannya?

Jawaban:

Dibolehkan bagi wanita menyembelih hewan sebagaimana laki-laki berdasarkan beberapa hadis shahih. Dan dibolehkan juga memakan dagingnya, dengan syarat wanita tersebut menyembelih dengan syar’i walaupun laki-laki yang mampu menyembelih ada, sebab tidak adanya laki-laki bukan menjadi syarat halalnya sembelihan wanita tersebut.



https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEix8J6EVwK97CZzCvka9vxoYdupN-IdOhM7FXLJnDZxv1r3lKxE8HVTF989-ZEz17qyU5Rx28a25sGPi8853ozg6OoEj9QSgsfovAFgOim9BI_ZFoIAnLo4UMdPxYHE9K_RouekrMRvYj7L/s1600/caramemotongdagingbertentanganurat.jpg

Syaikh Utsaimin berfatwa dalam hal ini sebagai berikut:

Dibolehkan bagi wanita menyembelih hewan kurban dan semisalnya, sebab dalam urusan ibadah wanita sama halnya dengan laki-laki, kecuali ada dalil yang membedakan antar keduanya. Hal tersebut berdasarkan kisah seorang budak wanita penggembala kambing kemudian ada serigala yang menerkam kambingnya lalu budak tersebut mengambil batu yang tajam untuk menyembelih kambing tersebut, lalu Rasulullah memerintahkan untuk memakan sembelihan tersebut.

Sumber: Fatwa-Fatwa Tentang Wanita, Jilid: 2, Darul Haq, Cetakan VI 2010


**| republished by Lentera Kabah
Lentera Kabah

Share this:

Enter your email address to get update from ISLAM TERKINI.

No comments

About / Contact / Privacy Policy / Disclaimer
Copyright © 2015. Berita Lintas Muslim 24 Jam - All Rights Reserved
Template Proudly Blogger